Learning And Get Friendly With Library

Sertifikasi Pustakawan di Jawa Barat

Foto
Tanggal : 2018-07-17

Dispusipda Propinsi Wilayah Jawa Barat, memfasilitas sertifikasi pustakawan untuk seluruh profesi pustakawan yang telah siap dengan pemberkasan, baik perguruan tinggi, instansi maupun sekolah. Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan pra seritfikasi Tanggal 15 Mei 2018, yang kemudian terselenggara pelaksanaan sertifikasi pustakawan Tanggal 3-5 Juli 2018 bertempat di Dispusipda Propinsi Wilayah Jawa Barat Jalan Kawaluyaan Soekarno Hatta Bandung.

Peserta sertifikasi berjumlah 43 orang yang merupakan perwakilan dari Perpustakaan UNIKOM, Perpustakaan Telkom, Perpustakaan UNISBA, Perpustakaan Unika Maranatha, Perpustakaan Widyatama, Perpustakaan UIB,  Perpustakaan UNPAD, Perpustakaan ITB, Dispusipda Propinsi Jabar, Dispusipda Kab.Ciamis, Disarpus Kab. Indramayu. Penilaian sertifikasi propesi pustakawan berdasarkan SKKNI berupa pemberkasan atau bukti-bukti pekerjaan, tes kognitif, skill dan wawancara untuk kompenen penilaian umum dan inti berdasarkan klaster yang dipilih oleh peserta sesuai bidang yang dikuasai atau bidang pekerjaan masing-masing.

Hasil dari sertifikasi profesi pustakawan adalah berupa penilaian kompeten terhadap klaster yang dipilih, kemudian direkomendasikan kepada BNSP untuk dapat mengeluarkan sertifikat secara nasional kepada peserta yang dinilai lolos atau kompeten. Pustakawan yang dinilai kompenten dalam bidang pengembangan bahan perpustakaan, layanan, pengolahan, literasi informasi memiliki nilai poin lebih yaitu diakuinya hasil pekerjaan sesuai standar nasional, dan diakui kualitas profesi pustakawan tersebut.

Salam Redaksi.

XHTML™ CSS-2