Learning And Get Friendly With Library

Jurnal / Customer service / Detail

ADAB BERTAMU DI PERUSAHAAN

ADAB BERTAMU DI PERUSAHAAN

Oleh : Ubudiyah Setiawati

 

Berkunjung atau bertamu pada suatu rumah tentu telah biasa kita lakukan, Dari niat untuk sekedar bermain hingga hal yang sangat formal. Rumah yang kita miliki tentu saja memiliki sebuah aturan yang akan berbeda dengan rumah milik orang lain. Namun ada sebuah aturan standar ketika harus berkunjung ke rumah milik orang lain atau mengikuti sebuah adab bertamu, dikutip dari Akh Abu Al-Jauzaa’ adab bertamu adalah sebagai berikut :

1.        Memperbaiki niat.

2.       Memberitahukan perihal kedatangan sebelum bertamu atau meminta ijin.

3.       Menentukan awal dan akhir waktu bertamu.

4.       Berwajah ceria dan bertutur kata lembut

 

Apapun langkah kita selalu dimulai dengan sebuah niat dan harus niat baik. Niat datang bersilahturahmi semakin mudah dengan teknologi terkini yaitu dengan teknologi telekomunikasi seperti fasilitas yang ada di HP dapat memberitahukan kedatangan dengan pesan singkat (SMS) ataupun berbicara melalui telepon. Memberitahukan kedatangan dengan tujuan memadupadankan waktu pas untuk bertemu, menyesuaikan dengan jadwal yang orang akan dikunjungi, hal tersebut memungkinkan orang yang kita tuju memiliki acara yang telah direncanakan sebelumnya. Setelah mendapatkan kesepakatan untuk bertemu hendaklah bertutur kata yang baik dengan wajah yang ceria, menceritakan maksud kedatangan dengan bahasa yang mudah dipahami dan jelas. Adab, etika atau sopan santun tersebut digunakan untuk memberikan kesan yang baik, bentuk untuk menghormati sehingga tercipta hubungan yang baik, karena makhluk sosial membutuhkan sebuah penghargaan, rasa untuk dihargai sebagai  makhluk yang beradab.

 

Adab atau etika tersebut pun berlaku ketika seorang mahasiswa/I  berkunjung dengan  pada suatu instansi atau perusahaan misalkan dengan tujuan mengajukan permohonan PKL, melakukan observasis/penelitian. Tentu saja bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan perusahaan menggunakan bahasa yang formal baik secara tertulis maupun secara lisan. Empat point dari Akh Abu Al-Jauzaa tetap digunakan dan ikutilah prosedur yang ada pada perusahaan tersebut, dan usahakan mempersiapkan waktu minimal satu bulan sebelumnya dan maksimal satu minggu sebelum hari dimana Anda memerlukan data perusahaan/PKL, dan jangan mendesak perusahaan untuk mengikuti atau memberikan data/informasi pada pertama kali Anda berkunjung, berikan waktu untuk perusahaan melihat jadwal perusahaan dengan keseuaian jadwal yang Anda butuhkan, tentunya perusahaan akan menjawab permintaan Anda, namun apabila tidak ada balasan baik surat maupun telp ada baiknya Anda mengkonfirmasikan apakah permohonan telah disetujui atau tidak.

 

Anda orang baik? Tentu menggunakan adab ketika berinteraksi dengan orang lain apalagi terhadap orang baru dikenal.

 

Bandung, 12 Juni 2009

Informasi Pendukung
Ringkasan :
Pengirim :
User perpus
Perpustakaan Unikom
Email dyah@unikom.ac.id
Homepage Homepage
File Pendukung:
Mohon Login terlebih dahulu!
Tidak ada Attachment
Lokasi :Perpustakaan UNIKOM
Pengarang :Ubudiyah Setiawati > Cari di Google
Sumber :
Jadwal :
XHTML™ CSS-2