Learning And Get Friendly With Library

Sejarah

Perpustakaan UNIKOM berdiri, seiring dengan  terbentuknya Universitas Komputer Indonesia Bandung sebagai Lembaga Imduknya, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 126/D/0/2000, tentang pendirian Universitas Komputer Indonesia Bandung dengan status terdaftar.

 

Tahun 1999 terbentuk Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) yang kemudian sejak tahun 2000 berubah nama menjadi Universitas Komputer Indonesia ( UNIKOM ). Dari perubahan nama lembaga induknya sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap lahir dan berkembangnya perpustakaan.

 

Sejak Tahun 2000 perpustakaan telah memberikan jasa layanan kepada civitas akademika UNIKOM. Lokasi perpustakaan berada di Kampus I Lantai 2 seluas 100m2.  Jasa layanan yang diberikan menggunakan system manual dan terbuka (open access). Layanan peminjaman diberikan hanya kepada anggota Perpustakaan UNIKOM. Baru pada Tahun 2001 Jasa layanan peminjaman buku menggunakan system komputerisasi yaitu Sistem Informasi Perpustakaan UNIKOM (SIPUSKOM), dan online database koleksi.

 

Tahun 2002, Perpustakaan UNIKOM berpindah lokasi ke Kampus IV Lantai 7, dan system komputerisasi layanan berkembang lebih terotomasi dengan menggunakan DILLA (digital library applications) yang lebih lengkap fasilitasnya dari pengolahan hingga penelusuran bahan pustaka.

 

Tahun 2004, Perpustakaan UNIKOM menambah area lokasinya seluas + 250m2 dan telah memiliki ruang khusus pengolahan bahan pustaka. Diharapkan dengan terus meningkatkan koleksi, system layanan dan luas perpustakaan , dapat lebih meningkatkan semangat belajar selama menempuh jenjang pendidikan di UNIKOM.

 

Tahun 2005, tepatnya tanggal 28 September 2005 Perpustakaan UNIKOM telah mengoperasionalkan layanan cybernet untuk memenuhi dan melengkapi kebutuhan reseach dan fasilitas e-journal dari ProQuest, dan wifi area.

 

Tahun 2008, Perpustakaan telah menambah fasilitas layanan cybernet  sebanyak 8 unit komputer dan menjalankan proses alihmedia/digitalisasi koleksi local.

 

Tahun 2010, Interior di luar dan di dalam mengalami perubahan dengan tampilan yanga lebih elegan. Koleksi digital telah bergabung dengan Portal Garuda DIKTI http://garuda.dikti.go.id

 

Tahun 2011, penambahan ruangan sebesar 3.36 M2

 

 Tahun 2012, perubahan konsep layanan dalam gedung untuk koleksi tercetak buku, dan berseri. Koleksi penelitian tesis, skripsi, TA melalui online.

 

XHTML™ CSS-2